Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient

Posted on

Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient – Tutorial pemrograman android kali ini kita akan belajar mengenai cara mendapatkan titik lokasi kordinat device kita. Nah sebenarnya ada berbagai macam cara untuk mendapatkan lokasi titik kordinat device, Tapi untuk ke-akuratannya pada tutorial ini kita akan memakai FusedLocationProviderClient sebagai pembantu untuk mendapatkan lokasi titik kordinat. Bagi agan yang sebelumnya memakai bantuan FusedLocationProviderApi, FusedLocationProviderApi tersebut mulai hari ini sudah depreceated dan sebagai gantinya google merekomendasikan untuk memakai FusedLocationProviderClient. Jika agan ingin kepo infonya FusedLocationProviderApi ini depreceated bisa langsung menuju link berikut ini : FusedLocationProviderApi Depreceated

Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient
Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient

Nah agar tidak berpanjang lebar yuk langsung saja ke Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient.

Pertama,

Buatlah project dengan nama SampleLocation.

Kedua,

Pilih empty activity dan namakan activity tersebut dengan MainActivity.

Ketiga,

Buka build.gradle (module:app) lalu tambahkan library Butterknife, Google Design, Google Play Service Location. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Catatan :

Jika sudah ditambahkan semua maka lanjutkan dengan mengklik “sync now” dibagian atas kanan.

Keempat,

Buka AndroidManifest.xml lalu tambahkan permission ACCESS_COARSE_LOCATION dan juga tambahkan meta data untuk gms versionnya. Untuk kodenya didalam AndroidManifest.xml adalah seperti berikut ini :

Kelima,

Buka strings.xml lalu tambahkan string no_location_detected, permission_rationale, permission_denied_explanation, dan settings. Untuk kode yang ada didalam strings.xml adalah sebagai berikut :

Keenam,

Buka activity_main.xml lalu buat seperti ini :

Ketujuh,

Buka MainActivity.java lalu diatas onCreate buat komponen-komponen yang sudah dibuat di layout tadi dan juga tambahkan variabel REQUEST_PERMISSION_REQUEST_CODE dan juga tambahkan variabel FusedLocationProviderClient dan Location. Untuk kode diatas onCreate adalah sebagai berikut :

Kedelapan,

Didalam method onCreate() deklarasikan komponen – komponen dengan method Butterknife.bind(this) dan juga deklarasikan variabel mFusedLocationClient. Untuk kode yang ada didalam methond onCreate() adalah sebagai berikut :

Kesembilan,

Buat fungsi dengan nama getLastLocation() dengan menambahkan anotasi diatasnya @SuppressWarnings(“MissingPermission”). Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Kesepuluh,

Buat fungsi dengan nama showSnackbar dengan parameter String text. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Kesebelas,

Buat fungsi dengan nama showSnackbar dengan parameter int mainTextStringId, int actionStringId, View.OnClickListener listener. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Keduabelas,

Buat fungsi bernama checkPermisiion. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Ketigabelas,

Buat fungsi dengan nama startLocationPermissionRequest. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Keempatbelas,

Buat fungsi dengan nama requestPermission. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Kelimabelas,

Tambahkan method onRequestPermissionsResult. Caranya dengan ctrl+o ketik onrequestpermissionresult lalu ok. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Keenambelas,

Buat method onStart(). Caranya ctrl+O lalu ketik onStart lalu ok. Untuk kodenya adalah sebagai berikut :

Untuk full source code yang ada didalam MainActivity.java adalah sebagai berikut :

Ketujuhbelas,

Coba jalankan aplikasi agan dan hasil akhir akan seperti ini :

Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient

 

Download Project Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient

[sociallocker]

Download Project

[/sociallocker]

 

 

Baca Juga :

Cara Membuat Gambar dari Hasil Kamera Android

Cara Membuat API Login dan Regitrasi Menggunakan PHP

 

Sekian Tutorial Pemrograman Android kali ini mengenai  Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient. Semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan bisa berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan. Hatur Nuhun 🙂

Gravatar Image
Seorang manusia biasa yang mempunyai fokus ke bidang pemrograman android dan ngeblog mengenai teknologi.

5 thoughts on “Tutorial Mendapatkan Lokasi Kordinat Menggunakan FusedLocationProviderClient

  1. Gan, terima kasih sudah memuat Tutoriall ini. Bagaimana kalau mengubah latitiude dan longitude yang di dapat menjadi alamat posisi pengguna android?

  2. Check the same code while disabling wifi and mobile data to on. I am facing issue in this code. One more thing If i disable location from settings and then run the app then it wont return location.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *