Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download atau Error

Posted on

Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download atau Error – Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Smartphone dengan OS Android di sebut dengan smartphone android. Bisa di katakan android kini menguasi segmen pasar di seluruh dunia, jumlah penggunanya melonjak tajam di tahun 2010 ke atas. Mungkin bagi agan yang sudah memegang smartphone sejak tahun 2000-an dan sudah mencoba berbagai sistem operasi akan mengatakan jika OS Android lah yang terbaik.

Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download atau Error
Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download atau Error

Google Play Store menyediakan aplikasi dari berbagai developer di seluruh dunia, tentu aplikasi ini sangat di butuhkan dan jika ada masalah dengan aplikasi ini, kita tidak bisa mendownload atau mengupdate aplikasi yang di inginkan. Memang jarang sekali aplikasi ini error, namun dalam beberapa kasus, juga sering terjadi error seperti tidak bisa download, download yang pending atau terhenti di tengah-tengah. Bahkan terkadang proses tiba-tiba selesai namun tidak ada aplikasi yang terinstall. Saya sendiri memiliki berbagai pengalaman mengenai aplikasi Google Play Store ini.

Jika agan saat ini sedang mengalami masalah seperti di atas atau lebih tepatnya tidak bisa download, mungkin di sebebkan oleh beberapa hal. Kenapa tidak bisa download? mungkin ini beberapa penyebabnya.

1. Aplikasi Google Playstore Error

2. Koneksi Internet
Koneksi internet merupakan faktor dasar mengapa tidak bisa download aplikasi di Playstore. Apabila koneksi lancar dapat di pastikan download aplikasi berjalan lancar.

3. Banyak Cache atau File Sisa
Cache merupakan file sementara yang di hasilkan aplikasi yang sudah kita install, cache ini pun terkadang tidak hilang meskipun sudah kita hapus aplikasinya.

4. Penyimpanan Tidak Cukup
Penyebab lain yang menyebabkan kita tidak bisa download adalah ruang penyimpanan yang penuh. Kita harus tahu jika aplikasi yang di download dengan Playstore akan di simpan langsung di memori internal, jika memori penuh tentu tidak bisa untuk mendownload aplikasi.

5. Aplikasi Berbayar
Aplikasi yang berbayar seperti buku dan game maka aplikasi ini tidak bisa kita unduh secara gratis, sehingga untuk mendownloadnya kita harus membayar terlebih dahulu.

Itulah beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan kita tidak bisa download aplikasi di playstore. Untuk mengatasinya agan bisa mengikuti tutorial berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Store Error Tidak Bisa Download ?

1. Restart Smartphone Agan

Langkah pertama yang perlu di ambil adalah restart telebih dahulu smartphone agan, bisa jadi playstore error karena sesuatu hal yang bisa di atasi hanya dengan me-restart smartphone. Dengan me-restart smartphone, internet data agan juga ikut terestart sehingga agan bisa mencoba untuk mendownload aplikasi di Playstore.

Apabila setelah di restart masih belum bisa maka coba lakukan reboot smartphone ada. Matikan smartphone untuk beberapa saat, ya paling tidak sekitar 30 menitan. Hidupkan kembali dan cek apakah Google Play Store sudah berfungsi kembali.

2. Cek Koneksi Internet

Tanpa koneksi internet agan jelas tidak bisa mendownload aplikasi di google play store. Sebelumnya cek dahulu bagaimana koneksi internet agan. Jika agan yakin koneksi internet lancar namun masih tidak bisa download, agan bisa mengganti jasa provider internet agan. Misal sebelumnya Indosat, ganti ke Telkomsel atau sebaliknya. Jika agan menggunakan wifi, cek lagi apakah wifi tidak ada masalah. Coba matikan wifi dan gunakan data seluler masing-masing.

Selain itu agan juga bisa untuk setting APN ( Access Point Network ), bisa jadi APN agan yang bermasalah, coba cek kembali di pengaturan jaringan. Ganti APN staganr sesuai provider masing-masing. Selain itu pastikan agan berada di jangkauan jaringan yang tepat, jika di tempat agan mendukung 4G, aktifkan 4G tersebut agar internet agan cepat.

3. Cek Memori Penyimpanan

Banyak orang yang tidak sadar jika memori penyimpanan telah habis. Kita harus tahu jika dalam smartphone ada penyimpanan internal dan ekternal. Nah penyimpanan internal inilah tempat untuk menyimpan aplikasi yang kita download di playstore. Cek terlebih dahulu memori internal, paling tidak sisakan ruangan yang lebih besar dari aplikasi yang ingin di unduh.

4. Hapus File Cache

Memori penyimpanan tidak hanya penuh dengan aplikasi yang terinstall, namun juga dengan file sementara yang mungkin sudah tidak di butuhkan. Jadi agan perlu menghapus file cache ini untuk memberikan ruang penyimpanan yang lebih luas dan juga agar smartphone agan tidak lemot. Untuk menghapus cache bisa di lakukan dengan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master, CCleaner dan lain masih banyak aplikasi lainnya.

5. Hapus Cache dan Data Google Play Store

Apabila tidak bisa download karena aplikasi Google Play Store yang error semisal error 403, 492 dan lain sebagainya, maka kita perlu menghapus cache atau bahkan data di aplikasi Google Play Store. Dengan menghapus data berarti agan akan kehilangan semua history, basis data beserta cache di aplikasi Google Play Store. Caranya sangat mudah di terapkan, masuk saja ke pengaturan dan masuk ke aplikasi, pilih Google Play Store lalu hapus data Google Play Store. Setelah berhasil agan bisa buka kembali aplikasinya dan login kembali dengan akun yang sebelumnya. Sekarang coba untuk download aplikasi.

6. Install Ulang Google Play Store

Apabila data cache sudah di hapus namun hasilnya masih sama saja, mungkin penyebabnya adalah aplikasi Google Play Store yang bermasalah dan perlu tindakan install ulang untuk mengatasinya. Silahkan baca ulasan berikut ini Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus/Error di Android

7. Batalkan Proses Update atau Download

Jika memang tidak bisa download atau update aplikasi, sebaiknya agan batalkan saja prosesnya. Silahkan masuk ke Playstore >> Aplikasi & Game Saya dan Batalkan Proses Download atau Update. Agar tidak terjadi masalah di kemudian hari seperti download dan update otomatis, matikan saja update otomatis di setelan Playstore.

8. Uninstall Update Google Play Store

Jika agan pernah mengupadte aplikasi Google Play Store maka bisa mencoba untuk menguninstall updatenya. Tenang ini tidak menghapus aplikasinya, hanya menghapus updatenya. Caranya sangat mudah, masuk ke Pengaturan >> Aplikasi >> Google Play Store dan Uninstall Update. Setelah itu restart dan sekarang aplikasi Google Play Store agan sudah kembali seperti saat smartphone masih baru.

9. Aktifkan Download Manager

Apabila masih bermasalah bisa jadi karena pengaturan download yang salah. Silahkan di aktifkan dengan cara masuk ke Pengaturan >> Aplikasi >> Download Manager lalu ganti menjadi Enable. Mungkin di beberapa smartphone pengaturan ini tidak di temukan.

10. Ganti ROM agan

Mengganti ROM merupakan solusi terakhir apabila semua solusi di atas tidak bisa. Silahkan Flashing ROM agan, usahakan pekerjaan ini serahkan kepada ahlinya. Dengan mengganti ROM tentu semua data di dalam smartphone akan hilang dan kembali seperti baru. Tentu segala resiko di tanggung agan sendiri ya.

Sekian artikel Tips Trik Android mengenai Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download atau Error. Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

http://www.tipsandronesia.com/2017/08/cara-mengatasi-tidak-bisa-download-playstore.html

Gravatar Image
Seorang manusia biasa yang mempunyai fokus ke bidang pemrograman android dan ngeblog mengenai teknologi.

One thought on “Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Download atau Error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.