farizdotid Buruh ketik yang ingin bermanfaat bagi semua orang. | Android Developer, Freelance, Seo Analyst.

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan Agar Rapi

3 min read

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan Agar Rapi

Di zaman yang sudah modern ini, Pernahkah Anda mendapati syarat untuk membuat lamaran menggunakan tulis tangan ? Jadi tidak menggunakan hasil print dari komputer atau laptop. Saat melamar pekerjaan, seringkali HRD meminta kepada calon kandidatnya untuk membuat surat lamaran pekerjaan dengan cara ditulis tangan. Hal ini masih dilakukan oleh sejumlah perusahaan karena alasan tertentu, meskipun di era modern ini sudah bisa dilakukan dengan cara diketik.

Untuk Anda yang akan melamar pekerjaan, namun surat lamarannya harus ditulis tangan, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai cara membuat lamaran pekerjaan tulis tangan agar hasilnya rapi, baik dan juga benar.

Mengenal Surat Lamaran Kerja

Sebelum Anda memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ialah suatu dokumen resmi yang dibuat oleh pelamar untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Surat lamaran kerja bisa dibilang dibuat dengan tidak cukup mudah karena mengandung unsur unsur tertentu yang wajib dicantumkan di dalamnya. Dan kebanyakan para pelamar belum mengetahui atau melakukan hal ini saat melamar pekerjaan.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan ialah seperti tata bahasa, format penulisan, dan juga keseluruhan isi dari surat lamaran kerja. Ketiga hal tersebut terlihat memang sepele, namun sebenarnya sangat mempengaruhi penilaian saat proses rekrutmen berlangsung.

Jika Anda ingin mengirimkan Surat Lamaran Kerja, Pastikan Anda mempunyai Email terlebih dahulu. Jika Anda belum mempunyai Email, Anda bisa melihat tutorialnya di Cara Membuat Email Baru

Format Surat Lamaran Kerja yang Ditulis Tangan

Untuk membuat surat lamaran kerja baik itu yang ditulis tangan ataupun diketik di Microsoft Word, sebaiknnya mengikuti beberapa format penulisan di bawah ini.

  • Tanggal dan tempat penulisan
  • Nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan yang akan dilamar
  • Salam pembuka
  • Kata pengantar
  • Biodata diri
  • Latar belakang pendidikan
  • Pengalaman kerja, organisasi, atau keahlian
  • Penutup dan salam

Beberapa unsur diatas harus dicantumkan di dalam surat lamaran kerja karena sifatnya yang wajib. Saat ini ada banyak contoh surat lamaran kerja sesuai format di atas yang bisa Anda lihat di internet dengan mudah.

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat menulis surat lamaran pekerjaan tulis tangan. Di bawah ini terdapat poin penting sekaligus cara membuat lamaran pekerjaan tulis tangan untuk Anda.

  • Menulis di Kertas Polio Bergaris

Menulis surat lamaran pekerjaan manual dengan cara tulis tangan tentunya membutuhkan kertas. Gunakan kertas polio bergaris untuk menulis surat lamaran pekerjaan. Penggunaan kertas polio yang bergaris akan memudahkan Anda untuk menulis.

Selain itu, kertas polio bergaris juga akan membantu Anda menulis dengan rapi. Pilihlah kertas polio bergaris yang rapi, tidak lecek, sobek, atau terkena noda. Hal ini tentunya akan mencerminkan Anda orang yang rapi, teratur, dan juga profesional.

Jika Anda tidak mengetahui Kertas Polio bergaris, Anda bisa memesan atau melihat disini : Kertas Polio Bergaris Murah

  • Menulis dengan Rapi

Mulailah menulis surat lamaran pekerjaan dengan rapi sesuai dengan format penulisan yang sudah Anda miliki dari sumber lain. Sebaiknya surat lamaran ditulis dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Tulislah perlahan dengan rapi dan hindari terjadinya typo atau salah tulis.

Pilih juga jenis pulpen yang membuat Anda nyaman untuk menulis. Saat menulis, jangan ragu dan yakinlah terhadap apa yang akan Anda tulis. Jika ada kesalahan, Anda bisa mengkoreksinya nanti setelah sudah selesai menulis.

  • Hindari Penggunaan Tipex

Cara membuat lamaran pekerjaan tulis tangan selanjutnya ialah menghindari penggunaan tipex atau correction pen. Saat ada kesalahan tulis, sebaiknya hindari penggunaan correction pen, hal ini karena adanya correction pen akan membuat tulisan menjadi tidak rapi atau berantakan.

Jika terdapat kesalahan, sebaiknya Anda menulis ulang di kertas yang masih baru. Surat lamaran yang terlihat adanya correction pen tidak hanya membuat tampilan menjadi tidak rapi, tetapi juga memberi kesan Anda orang yang terburu buru atau tidak rapi.

  • Menggunakan Tinta Hitam/Biru

Cara membuat lamara pekerjaan tulis tangan berikutnya yaitu menggunakan pulpen dengan tinta hitam atau biru. Sebaiknya pilih pulpen dengan tinta berwarna hitam atau biru untuk menulis surat lamara kerja, hal ini karena kedua warna tersebut adalah warna netral yang terlihat lebih profesional.

Jangan gunakan pulpen dengan tinta warna lain apalagi warna merah. Penggunaan tinta warna hitam memang umum dilakukan, selain itu warna hitam juga mencerminkan keprofesionalan dan juga warna netral yang resmi biasa digunakan untuk melamar pekerjaan.

  • Gunakan Tatakan Kertas

Terakhir, yaitu menggunakan tatakan kertas untuk menulis. Saat menulis surat lamaran kerja, sebaiknya Anda menggunakan alas atau tatakan untuk menulisnya agar hasil tulisan lebih rata, tidak bertekstur, atau bahkan menyebabkan bolong di kertas.

Saat menulis juga sebaiknya tidak terlalu ditekan atau bahkan sampai merusak kertas. Maka dari itu, gunakan tatakan kertas yang permukaannya rata agar Anda lebih mudah untuk menulis surat lamaran pekerjaan.

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Cara menulis surat lamaran pekerjaan perlu dilakukan beberapa tahap. Berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya.

Silakan mulai terlebih dahulu sesuai dengan contoh surat lamaran kerja yang Anda punya. Perhatikan pula jangan sampai menggunakan tipex untuk menghapus kesalahan penulisan. Jika salah, tulis ulang di kertas baru.

Cantumkan tanggal penulisan dan juga isi serta penutup surat dengan bahasa yang sesuai dengan PUEBI. Tulis juga alamat perusahaan yang dituju dengan lengkap serta ditujukan kepada siapa surat tersebut dibuat. Jika Anda mengetahui nama HRD, Anda bisa langsung menuliskannya. Tetapi, jika tidak, Anda cukup menuliskan “HRD PT xxx” saja.

Pada bagian isi, jelaskan kemampuan, keterampilan, atau pengalaman yang Anda miliki yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Sebaiknya jelaskan secara to the point dan tidak bertele tele.

Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menjelaskan bagian tersebut dengan kegiatan yang pernah Anda lakukan selama sekolah/kuliah, pengalaman organisasi, pengalaman kepanitiaan, atau jika bagus Anda memiliki sertifikasi pelatihan, bisa Anda jelaskan juga mengenai materi atau pelatihan apa yang sudah pernah diikuti.

Pada bagian tersebut, pastikan Anda bisa menyampaikan kelebihan yang Anda miliki agar HRD tertarik untuk menghubungi Anda kembali untuk melanjutkan proses rekrutmen selanjutnya.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga Anda melengkapi berkas berkas lainnya yang dibutuhkan, mulai dari berkas CV, sertifikat pelatihan/lomba, ijazah, dan berkas lainnya yang sekiranya dibutuhkan atau diminta perusahaan. Pastikan Anda menyimpannya dalam 1 folder yang rapi, berurutan, dan lengkap.

Dari penjelasan mengenai cara membuat lamaran pekerjaan tulis tangan di atas, kini Anda bisa memulai menulis lamaran kerja secara manual. Saat akan menulis surat lamaran kerja di atas, pastikan Anda memperhatikan hal hal atau unsur unsur yang telah disebutkan dengan baik agar hasil tulisan pun baik dan benar.

Itu dia tentang cara membuat lamaran pekerjaan tulis tangan dengan baik dan benar. Usahakan saat menulis tidak melakukan kesalahan tulis agar tulisan Anda terlihat rapi dan juga nampak lebih profesional.

farizdotid Buruh ketik yang ingin bermanfaat bagi semua orang. | Android Developer, Freelance, Seo Analyst.

Cara Membuat Blog Pribadi

farizdotid
3 min read

Cara Membuat Email Baru

farizdotid
3 min read