Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

Posted on

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio – Halo devandro! Kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang sudah saya alami selama menjadi Android Developer kurang lebih 2 tahun. Banyak sekali pertanyaan pertanyaan di grup tentang “Cara buat aplikasi android itu gimana sih?“, “Bagaimana sih membuat aplikasi android itu?“. Oke, disini saya membahas mengenai pertanyaan berikut dan saya garis besarkan pertanyaan tersebut  “Cara membuat aplikasi android” dengan asumsi untuk kalian yang benar-benar pemula atau mau terjun kedalam dunia pemrograman android ini.

 

Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android

 

Cara membuat aplikasi android :

Pertama,

Kamu perlu mengetahui bahasa pemrograman yang dipakai. Didalam pembuatan aplikasi android ada 2 bahasa pemrograman.

Java

Kamu bisa menggunakan bahasa java yang sudah umum dikalangan para android developer atau menggunakan bahasa Kotlin. Tapi rekomendasi saya silahkan belajarlah bahasa Java terlebih dahulu. Kenapa mesti Java? karena kalau kamu sudah paham dengan java dan paham dengan kodingan yang kamu ketik, InsyaAllah jika kamu berpindah ke bahasa pemrograman Kotlin tidak akan susah.

Untuk referensi belajar Java :

 

Xml

Nah kalau bahasa pemrograman xml ini adalah untuk membuat layout / tampilan aplikasi android kita. Untuk memperindah tampilan aplikasi android, kita menggunakan xml ini. Kalian tidak perlu khawatir untuk layoutingnya karena tools / IDE kita sudah menyediakan. Kalian hanya drag and drop saja.

 

Kedua,

Kamu perlu tau tools atau IDE apa yang dipakai untuk membuat aplikasi android. Untuk tools pembuatan aplikasi android ini kita akan menggunakan Android Studio. Untuk mendownload Android Studio kalian bisa mengunjungi link berikut :

Download Android Studio : Download

Download sesuai dengan OS yang kamu pakai. Secara default situs official android studio akan meng-suggest sesuai dengan sistem operasi yang kamu pakai. Apa itu Android Studio ?

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio
Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

Android Studio is the official Integrated Development Environment (IDE) for Android app development, based on IntelliJ IDEA . On top of IntelliJ’s powerful code editor and developer tools, Android Studio offers even more features that enhance your productivity when building Android apps, such as:

  • A flexible Gradle-based build system
  • A fast and feature-rich emulator
  • A unified environment where you can develop for all Android devices
  • Instant Run to push changes to your running app without building a new APK
  • Code templates and GitHub integration to help you build common app features and import sample code
  • Extensive testing tools and frameworks
  • Lint tools to catch performance, usability, version compatibility, and other problems
  • C++ and NDK support
  • Built-in support for Google Cloud Platform, making it easy to integrate Google Cloud Messaging and App Engine

Link referensi untuk mengenal Android Studio :

 

Ketiga,

Mulai belajar dan memahami dasar cara membuat aplikasi android. Untuk memahami dasar cara pembuatan aplikasi android kamu harus mengerti dulu beberapa poin berikut ini :

Lifecycle

Karena lifecycle ini amat sangat penting diketahui oleh Android Developer. Pengertian dari lifecycle aplikasi android ini yang saya kutip dari halaman official android studionya adalah :

As a user navigates through, out of, and back to your app, the Activity instances in your app transition through different states in their lifecycle. The Activity class provides a number of callbacks that allow the activity to know that a state has changed: that the system is creating, stopping, or resuming an activity, or destroying the process in which the activity resides.

Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android

Link referensi Lifecycle Android :

 

Komponen – Komponen pada xml android :

Banyak sekali komponen – komponen pada xml untuk membuat User Interface yang bagus. Diantara ada RelativeLayout, LinearLayout, RecyclerView, ImageView, EditText, Textview dan masih banyak lainnya.

Link referensi untuk mempelajari komponen – komponen pada xml android :

 

Cara membaca logcat

Logcat ini sangat penting sekali bagi Android Developer. Karena dari logcat ini kita bisa mengetahui semisal ada error pada line berapa. Untuk pengertiannya yang saya kutip dari situs resmi android developer adalah sebagai berikut :

Android Monitor menyertakan Monitor logcat yang menampilkan pesan debug. Monitor logcat menampilkan pesan sistem, seperti saat pengumpulan sampah terjadi, serta pesan yang bisa Anda tambahkan ke aplikasi menggunakan kelas Log. Sistem ini menampilkan pesan real time dan juga menyimpan Riwayat sehingga Anda bisa melihat pesan yang lama.

Setiap pesan log Android memiliki tag dan prioritas yang terkait dengannya. Tag dari pesan log sistem adalah string pendek yang menunjukkan komponen sistem dari mana pesan tersebut berasal (misalnya, ActivityManager). Tag yang didefinisikan pengguna bisa berupa string apa pun yang dianggap berguna, seperti nama kelas saat ini (tag yang disarankan). Anda mendefinisikannya dalam panggilan metode Log, misalnya:

Prioritasnya adalah salah satu dari nilai berikut:

  • V — Verbose (prioritas terendah)
  • D — Debug
  • I — Info
  • W — Peringatan
  • E — Kesalahan
  • A — Pernyataan

 

Keempat,

Ngoding langsung dan temukan kasus kasus baru. Maksudnya adalah ketika kamu diminta oleh client atau kamu melihat UI dan fungsi yang bagus seperti Instagram. Disini kamu mesti punya pemikirian bagaimana cara membuat aplikasi seperti instagram ? bagaimana caranya mengambil photo dari gallery? bagaimana caranya membuat list dan kasus – kasus menarik lainnya. Terkadang belajar dari kasuslah yang ngebuat kamu makin jago! semakin banyak menemukan kasus dan error, semakin naik level lah kamu menjadi Android Developer.

Untuk melatih skill kamu cobalah kamu mengunjungi situs uplabs atau mereferensikan aplikasi aplikasi yang sudah besar seperti Instagram, WhatsApp untuk kamu tiru dan buatlah versi aplikasimu sendiri.

Jika kamu ingin belajar secara terstruktur kamu bisa mengikuti kursus kursus online. Adapun saya merekomendasikan situs-situs untuk kamu belajar mengenai cara membuat aplikasi android :

 

Adapun grup grup Indonesia yang membahas mengenai Pemrograman Android :

Facebook CodeAndroid Indonesia – Google Android Developer Group : https://web.facebook.com/groups/codeandroidin/

Telegram ADB from Bandung for Indonesia : https://t.me/androidDevBdg

 

BACA JUGA :

Tutorial Cara Membuat Image Crop Android
Cara Membuat Animasi Background Bergerak Android
Cara Membuat Date Picker di Android

 

Mungkin hanya itu saja dari pengalaman saya selama menjadi Android Developer. Artikel ini akan saya update seiring dengan pemikirian yang muncul. Semoga artikel Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio ini bermanfaat.

Hatur Nuhun.

Gravatar Image
Seorang manusia biasa yang mempunyai fokus ke bidang pemrograman android dan ngeblog mengenai teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.