Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia

Posted on

Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia – Oke sudah dijelaskan sebelumnya di artikel Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite apa itu AutoCompleteTextview kan ? Kalau belum silahkan baca terlebih dahulu. Library Android ini bertujuan untuk memudahkan user dalam melengkapi data Alamat dan meminimalisir kesalahan Alamat karena di library ini otomatis akan memilih di suatu daerahnya. Di library ini ada 4 fungsi otomatis untuk sebuah form dengan urutan Provinsi – Kabupaten – Kecamatan – Desa.

Bagaimana contoh Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia ini ? Misal kita memilih Provinsi Jawa Barat maka diform selanjutnya yaitu Kabupaten akan terotomatis data yang akan tampil hanya Kabupaten yang ada di Jawa Barat saja dan seterusnya sama. Form seperti ini sudah digunakan di banyak web dan jarang ada yang menggunakannya di Android ? ( Perasaan ane sih gitu 😀 ) Nah dengan latar belakang seperti itu ane niatkan membuat Library Android ini.

Bagaimana cara menggunakan Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia ?

Pertama,

Tambahkan kode berikut di build.gradle root projectmu.

 

Kedua,

Tambahkan depedencies berikut lalu Sync now dan tunggu hingga proses selesai.

#NOTE : Pastikan internet agan nyala ya 🙂

 

Ketiga,

Jika step kedua tadi sudah selesai agan sudah berhasil menambahkan Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia ini kedalam project android agan. Selanjutnya tinggal dipakai saja di kodingan agan 🙂

 

Keempat,

Untuk menggunakan library ini di form masukan alamat kita buat dulu widget AutoCompleteTextview di xml kita dengan jumlah 4 widget. Widget 1 Provinsi, Widget 2 Kabupaten, Widget 3 Kecamatan, Widget 4 Desa. Sebagai contoh berikut kodingan xmlnya :

#Note : Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan agan 🙂

 

Kelima,

Init terlebih dahulu class JsonParse didalam Activity/fragment agan. Kurang lebih kodenya seperti ini :

Lalu di dalam onCreate :

 

Keenam,

Jangan lupa init komponen widget yang tadi sudah dibuat di XMLnya. Kurang lebih kodenya seperti ini :

 

Ketujuh,

Karena AutoCompleteTextview ini membutuhkan Adapter yang berisi list suggest maka untuk menggunakannya adalah sebagai berikut ( Contoh Adapter Provinsi ) :

itu adalah kode untuk meng-initkan adapter yang dipakai oleh komponen acttext_prov. Lalu jangan lupa tambahkan kode berikut ini :

Kode tersebut gunanya ketika user mengetikan 1 huruf saja maka akan memunculkan list-list suggest. Lalu agar si user bisa meng-klik list-list suggest yang keluar tersebut tambahkan kode berikut ini :

Nah pada kodingan jsonParse.searchIdProv(namaProv) itu gunanya untuk meng-sortir data yang akan tampil di form selanjutnya.

Kurang lebih kodingan semua adapter Provinsi – Kabupaten – Kecamatan – Desa seperti ini :

 

Kedelapan,

Selesai dan silahkan jalankan aplikasi agan. 🙂

Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia Android StudioLibrary AutoCompleteTextview Daerah Indonesia Android StudioLibrary AutoCompleteTextview Daerah Indonesia Android StudioLibrary AutoCompleteTextview Daerah Indonesia Android StudioLibrary AutoCompleteTextview Daerah Indonesia Android Studio

Seperti biasa jika ada yang ditanyakan mengenai artikel Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia ini bisa berkomentar atau PM ane di sosmed ya 🙂 Semoga bermanfaat dan Jangan lupa di share ke teman-teman Android Developer lainnya ya!

Gravatar Image
Seorang manusia biasa yang mempunyai fokus ke bidang pemrograman android dan ngeblog mengenai teknologi.

6 thoughts on “Library AutoCompleteTextview Daerah Indonesia

  1. Bang Fariz, bermanfaat bgt ini.
    Tapi ane mau nanya,

    yang step ketujuh :

    acttext_prov.setOnItemClickListener(new AdapterView.OnItemClickListener() {
    @Override
    public void onItemClick(AdapterView parent, View view, int position, long id) {
    String namaProv = parent.getItemAtPosition(position).toString();
    jsonParse.searchIdProv(namaProv);
    }
    });

    Nambahin script itu nya didalam MainActivity.java?
    Terus narohnya di dalam super onCreate apa enggak?

    ane naro di MainActivity.java terus tak taroh didalem superOn Create malah Force Close bang app nya, tp kodingannya gak error.
    //Error tiap pilih Provinsi dan kawan2nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.