Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite

Posted on

Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite – Apa itu AutoCompleteTextview ? Ini adalah salah satu komponen dari Widget XML yang kegunaannya adalah untuk meng-suggest kata-kata yang ada dalam daftar list lalu user bisa memilih dari pilihan suggest tersebut. Secara garis besarnya menurut ane jadi user tidak perlu direpotkan untuk mengetik sampai selesai. Nah ini adalah pengertian berdasarkan situs resmi developer.android.com : An editable text view that shows completion suggestions automatically while the user is typing. The list of suggestions is displayed in a drop down menu from which the user can choose an item to replace the content of the edit box with.

Jadi, Kapan AutoCompleteTextview ini perlu digunakan ? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan agan. Ane pakai AutoCompleteTextview ini ketika pada saat user harus mengisi Provinsi dimana user itu tinggal, Karena data Provinsi ini sedikit dan ingin memanjakan user maka ane pakailah AutoCompleteTextview ini. Oke ini hanya basa-basi saja dan ane yakin agan pasti ga akan membacanya :p

Catatan :

Disini kita membuat 2 AutoCompleteTextview, AutoCompleteTextview 1 berdasarkan data dari Static String Array dan AutoCompleteTextview 2 Berdasarkan Data dari Database Sqlite Android.

Sekarang mari kita Ngoding Cara Membuat AutoCompleteTextview :

Pertama,

Buat project seperti biasanya. Biasakan nama project jika hanya untuk belajar-belajar ane rekomendasiin dengan penamaan project depannya ada kata “Belajar” agar suatu saat jika ingin dipakai diproject lain bisa dengan mudah mencarinya 🙂

Kedua,

Buka activity_main.xml , Lalu tambahkan kode berikut untuk menambakan AutoCompleteTextview.

Itu adalah code Widget AutoCompleteTextview. Untuk full source code activity_main.xml jadinya seperti ini :

Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite - 1

Ketiga,

Karena di salah satu AutoCompleteTextview ada data yang dari Database Sqlite maka sekarang kita buat class dengan nama DBHelperNamaProvinsi dan jangan lupa extend dengan SQLiteOpenHelper. Untuk source codenya begini :

Catatan :

Method loadContent : Untuk meng-init data.

Method addData : Untuk menambahkan data ke database sqlite

Method SelectAllDataNamaProv : Untuk mengload semua data yang ada didalam tabel namaprovinsi.

Keempat,

Buka MainActivity lalu sesuaikan dengan source code berikut :

Catatan :

: Ini adalah static string array yang akan digunakan pada widget AutoCompleteTextview 1.

: ini adalah untuk meng-init class DBHelperNamaProvinsi dan meng-init data.

Method initAutoCompleteNamaProv : Didalam method ini adalah untuk meng-init AutoCompleteTextview berdasarkan data dari Static String Array.

Method initAutoCompleteNamaProvDB : Didalam method ini adalah untuk meng-init AutoCompleteTextview berdasarkan data Database Sqlite.

: Code ini adalah untuk meng-init AutoCompleteTextview beserta adapternya.

Kelima,

Silahkan jalankan Aplikasinya dan coba kalian ketik nama provinsi yang ada dalam data. Disini Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite sudah selesai dan Semoga berjalan dengan lancar. Btw ada 2 code sebenernya yang salah tapi sengaja ga ane benerin ya :p

Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite - 2 Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite - 3 Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite - 4

Untuk full Source Codenya bisa ke repo Github ane ( AutoCompleteTextview-Android ). Terimakasih dan semoga tutorial ini bermanfaat. Jangan lupa berkomentar ya gan dan seperti biasa jika ada yang ingin ditanyakan bisa lewat komentar disini atau PM Facebook ane :).

Gravatar Image
Seorang manusia biasa yang mempunyai fokus ke bidang pemrograman android dan ngeblog mengenai teknologi.

One thought on “Tutorial Membuat AutoCompleteTextview dan Database Sqlite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.